Tips Menghemat Bandwidth Website

Bandwidth web merupakan hal yang terpenting karena menyangkut biaya dan kelangsungan web kita. mengapa demikian ?
Karena jika salah membuat script, bandwidth kita bisa-bisa habis gak karuan.. padahal pengunjung yang masuk membuka website kita belumlah banyak. Lantas dimana letak kesalahannya sehingga bandwidth bisa habis dengan cepat ?

Untuk mengatasi hal ini, segera check website Anda dari masalah berikut :

1. Hemat ukuran dan loading website dengan GZip Compression
Check apakah website Anda telah terkompressi atau belum. Kompressi website selain dapat mengurangi penggunaan bandwidth juga sangat membantu dalam mempercepat loading website. Untuk check kondisi website sudah terkompressi atau belum bisa check di link Check gzip compression.

2. Perkecil Ukuran Image Anda tanpa mengurangi kualitas gambar
Ukuran gambar yang besar selain memperlambat loading juga akan memboroskan bandwidth Anda. Gunakan type image JPG dengan kualitas 10 untuk memperkecil ukuran file tanpa mengurangi kualitas image Anda.

3. Check frekuensi Crawl dari Search Engine
Pengambilan data search engine yang terlalu sering juga akan menghamburkan bandwidth Anda. Sesuaikan frekuensi pengambilan data dengan frekuensi update data Anda. Jika situs Anda adalah situs berita yang diupdate setiap jam, Anda boleh-boleh saja mengatur frekuensi pengambilan data search engine setiap satu jam. namun jika website Anda hanyalah blog biasa yang paling cepat satu minggu sekali di update, sebaiknya Anda menyesuaikan pengambilan data search engine juga menjadi satu minggu sekali.

About the Author
T. Prihartanto
Saya Tanto Prihartanto, Pemilik Bestariweb Hosting yang sudah mulai menjalankan bisnis hosting sejak tahun 2012. Saya juga aktif berbagi artikel di beberapa blog seperti Tutorial Linux, Tutorial Wordpress, Tutorial Web Design. Semoga artikel dan tutorial yang saya tulis di web ini dan blog saya yang lain bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply