Mana yang lebih Baik, Ubuntu atau centOS

Mana yang lebih Baik, Ubuntu atau centOS

Berbicara mana yang lebih baik antara Ubuntu vs CentOS, sebenarnya tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Dari satu sisi, bisa dikatakan ubuntu Lebih baik dibanding centOS. tapi di sisi lain justru centOS lebih baik dibanding ubuntu

Ubuntu vs CentOS sebagai server

Jika kita berniat membangun server Linux, saya sarankan menggunakan centOS dibandingkan dengan ubuntu. Mengapa? Ada beberapa hal yang dimiliki oleh centOS yang tidak ada pada ubuntu, diantaranya adalah:

1. Dukungan Web Control Panel

Hampir semua Web control Panel mendukung sistem Operasi centOS Linux, termasuk diantaranya cPanel. Hanya beberapa control Panel yang mendukung system Operasi Ubuntu seperti Vestacp.

2. Previlage User untuk setting LAMPP

Distro Linux centOS memperbolehkan menggunakan user untuk previlage web server khususnya apache. Service httpd pada centos memungkinkan kita menginstall web di folder /home/username/public_html dengan own dan group menggunakan user yang bersangkutan. Lain halnya dengan ubuntu yang menggunakan service Apache2. Semua web harus menggunakan own www-data walaupun web tersebut ditempatkan di /home/username/public_html. Atas alasan ini, menurut penulis, centOS lebih aman dibanding ubuntu karena menggunakan own yang berbeda di username yang berbeda.

Ubuntu vs CentOS sebagai Desktop

Jika dibandingkan antara ubuntu vs centOS untuk instalasi Desktop PC, maka Ubuntu lebih kami rekomendasikan dibanding centOS. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan penulis diantaranya:

1. Ketersediaan Driver

Menurut pengalaman penulis, Kompatibilitas driver yang dimiliki oleh Ubuntu jauh lebih lengkap dibanding centOS. Penulis sendiri pernah melakukan instalasi Ubuntu dan CentOS di Laptop Lenovo G485. Hasilnya ubuntu bisa berjalan dengan lancar, sedangkan centOS crash dengan driver VGA dan layar conflik sehingga tidak bisa login ke GUI.

2. Kemudahan Update

Ubuntu jauh lebih mudah saat kita melakukan update software.. jarang sekali terjadi konflik. Ini bukan tentang penggunaan apt-get atau yum. Kedua perintah itu sebenarnya hanya masalah kebiasaan saja. Namun ini lebih ke kemudahan dan ketersediaan update software di repository distro masing-masing.

About the Author
T. Prihartanto
Saya Tanto Prihartanto, Pemilik Bestariweb Hosting yang sudah mulai menjalankan bisnis hosting sejak tahun 2012. Saya juga aktif berbagi artikel di beberapa blog seperti Tutorial Linux, Tutorial Wordpress, Tutorial Web Design. Semoga artikel dan tutorial yang saya tulis di web ini dan blog saya yang lain bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply